Jumat, 22 Juli 2011

RPP Bahasa Indonesia Kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.     Identitas                : SD Negeri 22 Dauh Puri          
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester  : V/ 1
Alokasi Waktu     : 4 x Pertemuan (10 jp x 35 menit)
Standar Kompetensi      
1.   Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar          
1.1. Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

Indikator             
Ø   Menanggapi isi penjelasan.
Ø   Menyimpulkan isi penjelasan narasumber.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Menanggapi isi penjelasan.
Ø   Menyimpulkan isi penjelasan narasumber.

III. Materi Ajar
Ø  Penjelasan narasumber

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah dan informasi
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Indikator             
Ø   Menanggapi isi penjelasan.

1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mengunjungi narasumber yang telah ditentukan.
Ø  Mendengarkan penjelasan narasumber.
Ø  Menyimak penyusunan daftar pertanyaan.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menanggapi isi penjelasan narasumber.
Ø  Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok – pokok pembicaraan.
Ø  Mencatat pokok pikiran.
Ø  Menyusun daftar pertanyaan.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       penjelasan narasumber

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan PR ( Susunlah 5 daftar pertanyaan ! )

V. Sarana dan Sumber Belajar
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP

VI. Penilaian
1.      Lisan
2.      Tulisan ( soal terlampir )
3.      Perbuatan / Performance

EVALUASI
  1. Tulislah pokok – pokok pikiran sebelum membuat daftar pertanyaan dengan masalah “Gagal Panen” ! (Skor 50)
  2. Buatlah 5 daftar pertanyaan dari masalah tersebut di atas ! (skor 50)

·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

  Mengetahui,                                                             Denpasar, 18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                             Guru Kelas 5



               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            
               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar          
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                           : V / 1
Alokasi Waktu                             : 5 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
1.   Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar          
1.2. Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.

Indikator             
Ø   Mendaftar nama – nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
Ø   Menuliskan latar cerita rakyat.
Ø   Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
Ø   Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Mendaftar nama – nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
Ø   Menuliskan latar cerita rakyat.
Ø   Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
Ø   Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat.

III. Materi Ajar
Ø  Teks cerita rakyat
IV. Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah dan informasi
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok

V. Langkah – Langkah Pembelajaran
      Pertemuan ke-1: 2 x 35 menit
      Indikator
ü  Mendaftar nama – nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
ü  Menuliskan latar cerita rakyat.
      Tujuan Pembelajaran
      Setelah mempelajari tema ini siswa dapat:
ü  Mendaftar nama – nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
ü  Menuliskan latar cerita rakyat yang dibaca.

1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mendengarkan cerita rakyat.
Ø  Menyimak daftar nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
Ø  Menyimak latar cerita rakyat.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, membaca cerita rakyat secara bergiliran.
Ø  Mendaftar nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat.
Ø  Menulis latar cerita rakyat.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       Watak tokoh dan latar dalam teks cerita rakyat.

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan PR ( Buatlah cerita rakyat ! )
        
         Pertemuan ke-2 : 3 x 35 menit
         Indikator
ü  Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
ü  Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat.
         Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat:
ü  Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
ü  Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat.
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan oleh guru.
Ø  Menyimak kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
Ø  Menyimak isi cerita rakyat yang didengar/dibaca.
Ø  Memahami isi cerita rakyat yang dibaca/didengar.

B. Elaborasi
Ø  Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami.
Ø  Menulis tanggapan terhadap isi cerita rakyat yang dibaca.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
b.      Isi teks cerita rakyat
3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan PR ( Memberi tanggapan secara tertulis terhadap cerita rakyat yang dibaca ! )

V. Sarana dan Sumber Belajar
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP
Ø  Majalah
Ø  Buku cerita
Ø  Surat kabar

VI. Penilaian
1.      Lisan
2.      Tulisan ( soal terlampir )
3.     Perbuatan / Performance

EVALUASI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
  1. Darimanakah cerita rakyat Malin Kundang ?
  2. Apa sajakah yang termasuk dengan latar ?
  3. Apakah yang dimaksud dengan watak tokoh ?
  4. Bagaimanakah watak Malin Kundang ?
  5. Ceritakan kembali cerita rakyat yang kamu ketahui, minimal 10 kalimat, lalu sebutkan nama tokoh, watak tokoh, dan latarnya !
Skor
No. Soal
Skor
Benar
Salah
1
10
0
2
20
0
3
20
0
4
20
0
5
30
0
Jumlah
100
0

Kunci Jawaban terlampir.

·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.


                        Mengetahui,                                                             Denpasar, 18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                             Guru Kelas 5


               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            
               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar          
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                           : V / 1
Alokasi Waktu                             : 5 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
2.     Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.

Kompetensi Dasar          
2.1.  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.          
Indikator             
Ø  Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut.
Ø  Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.


II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø  Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut.
Ø  Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.

III. Materi Ajar
Ø  Masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, menyimak penjelasan tentang peristiwa / masalah yang terjadi di sekolah.
Ø  Secara kelompok, menyimak penyebab permasalahan.
Ø  Secara kelompok, menyimak penjelasan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan bahasa yang runtut.
Ø  Menyimak pemberian komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menjelaskan peristiwa yang terjadi di sekolah.
Ø  Secara individual, mengidentifikasi penyebab masalah.
Ø  Secara individual, menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah secara bergantian di sekolah dengan runtut.
Ø  Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan berbahasa yang santun.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       Masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah.


3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Tulislah peristiwa yang kamu alami di sekolah minimal 5 kalimat ! ).


V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP


VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
  1. Apa yang kamu lakukan jika temanmu di dalam kelas bertengkar ?
  2. Bagaimana perasaanmu jika kamu mendapat juara kelas ?
  3. Rangkaian peristiwa yang dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita disebut ………………………….
  4. Ibu gurumu meminta tolong, kamu tidak mau. Bagaimana caramu mengutarakan ?
  5. Saya angkat tangan bila disuruh menjaga anak nakal itu. Angkat tangan artinya …………………………………
 ·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

Mengetahui,                                                             Denpasar, 18 Juli 2011

               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                             Guru Kelas 5









               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            


               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar          
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                           : V/ 1
Alokasi Waktu                             : 10 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
2.     Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.

Kompetensi Dasar          
2.2.  Menceritakan hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar.
       
Indikator             
Ø  Menjelaskan pokok – pokok hal yang diamati.
Ø  Menjelaskan secara rinci hasil pengamatan lingkungan dengan bahasa yang komunikatif.
Ø  Melaporkan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø  Menjelaskan pokok – pokok hal yang diamati.
Ø  Menjelaskan secara rinci hasil pengamatan lingkungan dengan bahasa yang komunikatif.
Ø  Melaporkan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif.

III. Materi Ajar
Ø  Menceritakan hasil pengamatan


IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, menentukan obyek pengamatan.
Ø  Menyimak penjelasan pokok – pokok hal yang diamati.
Ø  Menyimak penjelasan secara rinci hasil pengamatan lingkungan.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menjelaskan pokok – pokok yang diamati.
Ø  Menjelaskan secara rinci hasil pengamatan lingkungan dengan bahasa yang komunikatif.
Ø  Menulis laporan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       menceritakan hasil pengamatan


3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Buatlah laporan pokok – pokok yang kamu amati ! ).


V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP
VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
  1. Buatlah laporan pengamatan suatu museum dalam bahasa yang komunikatif minimal 10 kalimat !
·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

Mengetahui,                                                             Denpasar, 18 Juli 2011

               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                             Guru Kelas 5











               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            


               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            








  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar          
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                           : V / 1
Alokasi Waktu                             : 10 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
2.     Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.

Kompetensi Dasar          
2.3.  Berwawancara sederhana dengan narasumber ( petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll ) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
       
Indikator             
Ø  Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar.
Ø  Melakukan kegiatan berwawancara berdasarkan daftar pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang saantun.
Ø  Menulis laporan hasil wawancara.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø  Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar.
Ø  Melakukan kegiatan berwawancara berdasarkan daftar pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang saantun.
Ø  Menulis laporan hasil wawancara.

III. Materi Ajar
Ø  Wawancara dengan narasumber ( petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll ).


IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari narasumber.
Ø  Menyusun pertanyaan untuk diajukan kepada narasumber.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar.
Ø  Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
Ø  Menulis laporan hasil wawancara.
C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       wawancara dengan narasumber ( petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll ).


3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Lakukan wawancara dengan pedagang dan tulislah laporannya ! ).


V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP


VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
  1. Buatlah 5 daftar pertanyaan untuk narasumber pedagang, dengan masalah kenaikan harga barang dan efek sampingnya !
  2. Buatlah laporan hasil wawancara dari masalah di atas !

·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

Mengetahui,                                                                 Denpasar, 18 Juli 2011

               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                         Guru Kelas 5


  





               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            


               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            











 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I.       Identitas                                       : SD Negeri  22 Dauh Puri Denpasar         
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                           : V / 1
Alokasi Waktu                             : 5 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
3.     Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata / menit, dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar          
3.1.  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
       
Indikator             
Ø  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Mencatat pokok – pokok isi percakapan.
Ø  Menuliskan rangkuman isi percakapan.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Mencatat pokok – pokok isi percakapan.
Ø  Menuliskan rangkuman isi percakapan.

III. Materi Ajar
Ø  Teks percakapan

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok

V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, menyimak pembacaan percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø  Menyimak isi pokok percakapan.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, membaca percakapan bergiliran.
Ø  Mencatat pokok – pokok isi percakapan.
Ø  Menulis isi percakapan.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       teks percakapan
 3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Buatlah teks percakapan sederhana  ! ).

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas V. Hanif Nurcholis,dkk. Erlangga.
Ø  KTSP

VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Buatlah teks percakapan yang isinya tentang libur ke rumah sakit !

·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan

Mengetahui,                                                                    Denpasar, 18 Juli 2011

               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                                             Guru Kelas 5









               ( Drs. I Nyoman Repun )                                                    ( I Made Suba )            


               NIP. 19631231 198208 1 018                                          NIP.19840718 200804 1 003            











Tidak ada komentar: