Jumat, 22 Juli 2011

RPP IPA kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.        Identitas                                 : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar
Mata Pelajaran                               : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                            : V / 1
Pertemuan ke -                               : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu                               : 8 jp x 35 menit
Standar Kompetensi          
1.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar
1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia.

Indikator               
Ø   Mencocokkan setiap organ pada saluran pernapasan dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada saluran pernapasan.
Ø   Menunjukkan setiap nama organ pada saluran pernapasan manusia dan fungsinya.
Ø   Membuat model organ pernapasan manusia.
Ø   Mendemonstrasikan cara kerja model organ pernapasan.
Ø   Menyebutkan hasil / sisa pernapasan.
Ø   Menunjukkan cara mengetahui bahan – bahan yang dikeluarkan saat bernapas.
Ø   Menuliskan kembali nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø   Menjelaskan cara memelihara organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø   Membuat saran cara memelihara kesehatan organ pernapasan.


II.     Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Mencocokkan setiap organ pada saluran pernapasan dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada saluran pernapasan.
Ø   Menunjukkan setiap nama organ pada saluran pernapasan manusia dan fungsinya.
Ø   Membuat model organ pernapasan manusia.
Ø   Mendemonstrasikan cara kerja model organ pernapasan.
Ø   Menyebutkan hasil / sisa pernapasan.
Ø   Menunjukkan cara mengetahui bahan – bahan yang dikeluarkan saat bernapas.
Ø   Menuliskan kembali nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø   Menjelaskan cara memelihara organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø   Membuat saran cara memelihara kesehatan organ pernapasan.

III. Materi Ajar
Ø  Organ pernapasan manusia

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok

V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mengamati model / gambar saluran pernapasan manusia.
Ø  Secara kelompok, mencari informasi tentang nama – nama organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø  Secara kelompok, mencari informasi fungsi organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø  Secara kelompok, mendiskusikan fungsi organ pada saluran pernapasan manusia secara umum.
Ø  Mengamati percobaan untuk mengetahui bahan – bahan yang dikeluarkan saat bernapas.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat apa yang telah diamati mengenai saluran pernapasan manusia.
Ø  Secara individual, mencatat informasi yang didapat mengenai nama – nama organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø  Secara individual, mencocokkan nama organ pada saluran pernapasan manusia dengan model gambar.
Ø  Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikannya.
Ø  Menjelaskan fungsi organ pada saluran pernapasan.
Ø  Menunjukkan setiap nama organ pada saluran pernapasan dan fungsinya.
Ø  Membuat model organ pernapasan manusia.
Ø  Menyampaikan cara kerja model organ pernapasan yang telah dibuat.
Ø  Melakukan percobaan untuk mengetahui bahan – bahan yang dikeluarkan saat bernapas.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
ØMelakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
ØMenyimpulkan materi tentang :
a.       cara kerja organ pernapasan manusia

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi mengenai penyakit yang mengganggu organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø  Mendiskusikan cara memelihara organ pada saluran pernapasan manusia.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menuliskan nama, ciri dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada saluran pernapasan manusia.
Ø  Membuat tabel penyebab penyakit yang menyerang organ pernapasan manusia.
Ø  Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikan.
Ø  Membuat saran mengenai cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
ØMelakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
ØMenyimpulkan materi tentang :
a.       organ pernapasan manusia

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Jelaskan fungsi organ pada pernapasan ! )
V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP
Ø  Buku materi tentang organ pernapasan dan fungsinya
Ø  Model gambar

VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Yang berfungsi mengatur udara ke paru – paru dan mengatur kelembapan udara dalam tubuh adalah ……………………………………..
  2. Manusia bernapas mengeluarkan ………………………………..
  3. Uraikan masuknya udara ke dalam paru – paru !
  4. Udara residu adalah ………………………………..
  5. Yang termasuk organ pernapasan manusia adalah …………………………..


·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

                  Mengetahui,                                           Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                        Guru Kelas 5



               ( Drs. I Nyoman Repun )                                   (I Made Suba)            
      NIP. 19631231 198208 1 018                            NIP. 19840718 200804 1 003



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 dauh Puri Denpasar           
Mata Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                          : V / 1
Pertemuan ke -                             : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu                             : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
1.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar          
1.2. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.

Indikator             
Ø   Mencocokkan organ pernapasan dengan nama hewan.
Ø   Membuat tabel macam – macam hewan dan organ pernapasannya.
Ø   Menyebutkan macam – macam nama organ pernapasan hewan.
Ø   Menjelaskan beda setiap organ pernapasan hewan.


II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Mencocokkan organ pernapasan dengan nama hewan.
Ø   Membuat tabel macam – macam hewan dan organ pernapasannya.
Ø   Menyebutkan macam – macam nama organ pernapasan hewan.
Ø   Menjelaskan beda setiap organ pernapasan hewan.

III. Materi Ajar
Ø  Organ pernapasan hewan


IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mengamati model / gambar buta organ pernapasan hewan ( misalnya : cacing tanah dan ikan.
Ø  Secara kelompok, mencari informasi tentang nama – nama organ pada saluran pernapasan hewan.
Ø  Secara kelompok, mendiskusikan cara tabel macam – macam hewan dan organ pernapasannya.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat hasil pengamatan dan informasi.
Ø  Mencocokkan nama organ pernapasan hewan pada model / gambar.
Ø  Mencatat hasil diskusi dan melaporkan hasilnya.
Ø  Membuat tabel macam – macam dan organ pernapasan.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       kerja organ pernapasan hewan

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi tentang ciri – ciri organ pernapasan pada hewan.
Ø  Mendiskusikan ciri – ciri organ pernapasan pada hewan.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat informasi yang didapat.
Ø  Menyebutkan macam – macam nama organ pernapasan pada hewan.
Ø  Mencatat hasil diskusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       organ pernapasan hewan

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Sebutkan nama – nama organ pernapasan hewan ! )

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP
Ø  Buku materi tentang organ pernapasan dan fungsinya
    Ø  Model gambar 
VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Kelelawar dan ikan paus adalah hewan yang bernafas dengan ………..
  2. Burung bernafas menggunakan ……………..
  3. Contoh hewan yang bernafas dengan insang adalah …………
  4. Contoh hewan yang bernafas dengan kulit adalah ……….
  5. Serangga bernafas menggunakan ………………..
·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

          Mengetahui,                                                                               Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                         Guru Kelas 5



               ( Drs. I Nyoman Repun )                              (I Made Suba)            
      NIP. 19631231 198208 1 018                     NIP. 19840718 200804 1 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 dauh Puri Denpasar           
Mata Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                           : V/ 1
Pertemuan ke -                            : 4 x pertemuan
Alokasi Waktu                             : 12 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
1.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar          
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.

Indikator             
Ø   Mencocokkan setiap organ pada saluran pencernaan dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø   Menunjukkan setiap nama organ pada saluran pencernaan manusia dan fungsinya.
Ø   Menuliskan kembali ( bentuk tabel ) nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia.
Ø   Memberi contoh cara merawat kesehatan organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø   Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung zat karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin.
Ø   Menggolong – golongkan bahan makanan sesuai dengan zat yang dikandungnya.
Ø   Menjelaskan pengertian makanan bergizi dan seimbang.
Ø   Merancang makanan bergizi dan seimbang.
Ø   Mendemonstrasikan cara mengolah bahan makanan.
Ø   Mengkomunikasikan hasil kegiatan.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Mencocokkan setiap organ pada saluran pencernaan dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø   Menunjukkan setiap nama organ pada saluran pencernaan manusia dan fungsinya.
Ø   Menuliskan kembali ( bentuk tabel ) nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia.
Ø   Memberi contoh cara merawat kesehatan organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø   Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung zat karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin.
Ø   Menggolong – golongkan bahan makanan sesuai dengan zat yang dikandungnya.
Ø   Menjelaskan pengertian makanan bergizi dan seimbang.
Ø   Merancang makanan bergizi dan seimbang.
Ø   Mendemonstrasikan cara mengolah bahan makanan.
Ø   Mengkomunikasikan hasil kegiatan.

III. Materi Ajar
Ø  Organ pencernaan manusia

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mengamati model / gambar seluruh pencernaan manusia.
Ø  Mencari informasi tentang nama – nama organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø  Mendiskusikan fungsi organ pada saluran pernapasan manusia.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mengurutkan gambar acak organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø  Mencocokkan setiap organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø  Mencatat hasil diskusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       organ saluran pencernaan manusia

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi tentang fungsi setiap organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø  Mendiskusikan fungsi organ manusia secara umum.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menunjukkan setiap nama organ pada saluran pencernaan dengan fungsinya.
Ø  Menuliskan kembali ( bentuk tabel ) nama, ciri dan penyebab penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia.
Ø  Mencatat hasil diskusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       organ saluran pencernaan manusia

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan III )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan III )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi mengenai penyakit yang mengganggu organ pada saluran pencernaan manusia.
Ø  Mendiskusikan penyakit yang mengganggu pada pencernaan manusia.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat informasi yang didapat.
Ø  Mencatat hasil dikusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.
Ø  Mengemukakan ide – ide cara merawat organ pada saluran pencernaan manusia.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.    organ saluran pencernaan manusia

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan IV )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan IV )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi pengertian makanan bergizi dan seimbang.
Ø  Mengamati percobaan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, melakukan percobaan untuk mengidentifikasi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin.
Ø  Mencatat hasil pengamatan.
Ø  Membuat laporan hasil percobaan.
Ø  Menyimpulkan hasil percobaan.
Ø  Merancang makanan bergizi dan seimbang.
Ø  Melakukan kegiatan mengolah bahan makanan dengan mempertahankan nilai gizinya.
Ø  Melaporkan hasil kegiatan.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.    organ saluran pencernaan manusia

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Berilah contoh cara merawat kesehatan organ pada saluran pencernaan manusia ! )

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP
Ø  Model gambar
VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Dalam proses pencernaan makanan, penyerapan sari – sari makanan terjadi di ………..
  2. Contoh makanan yang berserat adalah ………………
  3. Gerak peristaltic terjadi di …………………..
  4. Kekurangan yodium dapat menimbulkan penyakit ………………
  5. Bakteri yang terdapat di usus besar yang berperan membusukkan sisa pencernaan adalah

·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.


                                                               M\              Mengetahui                                                  Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                            Guru Kelas 5



               ( Drs. I Nyoman Repun )                                   (I Made Suba)            
      NIP. 19631231 198208 1 018                            NIP. 19840718 200804 1 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar
Mata Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                           :V / 1
Pertemuan ke -                            : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu                             : 8 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
1.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar          
1.4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.

Indikator             
Ø   Mencocokkan setiap organ pada sistem peredaran darah dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menunjukkan nama setiap organ pada sistem peredaran darah manusia dengan fungsinya.
Ø   Bermain peran untuk menunjukkan aliran peredaran darah dalam tubuh manusia.
Ø   Mengurutkan aliran peredaran darah manusia.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Mencocokkan setiap organ pada sistem peredaran darah dengan namanya.
Ø   Menjelaskan fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menunjukkan nama setiap organ pada sistem peredaran darah manusia dengan fungsinya.
Ø   Bermain peran untuk menunjukkan aliran peredaran darah dalam tubuh manusia.
Ø   Mengurutkan aliran peredaran darah manusia.

III. Materi Ajar
Ø  Organ peredaran darah manusia

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
Ø  Mencari informasi tentang nama – nama organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Mengamati model / gambar organ pada sistem peredaran darah manusia..

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat informasi tentang nama – nama organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Mencatat hasil pengamatan.
Ø  Mencocokkan nama organ pada sistem peredaran darah.
Ø  Menjelaskan fungsi organ pada peredaran darah.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       organ peredaran darah manusia

1.      Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
Ø  Secara kelompok, mencari informasi tentang fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Mendiskusikan fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat informasi.
Ø  Menunjukkan nama setiap organ pada sistem peredaran darah dan fungsinya.
Ø  Bermain peran untuk menunjukkan peredaran darah dalam tubuh manusia.
Ø  Melengkapi gambar aliran darah dalam tubuh manusia.
Ø  Mencatat hasil diskusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       peredaran darah manusia

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Jelaskan fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia ! )

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP
Ø  Model gambar


VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Perfomance

EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Orang yang mendonorkan darahnya kepada orang lain dinamakan ………
  2. Darah kotor yang mengandung karbondioksida masuk ke jantung pada bagian ………..
  3. Orang yang pertama kali menggolong – golongkan darah adalah …………
  4. Warna darah pada sel darah merah ditentukan oleh …………
  5. Peredaran darah dari jantung ke paru – paru dan kembali lagi ke jantung disebut ……………….
      TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

    Mengetahui                                                  Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                            Guru Kelas 5


               ( Drs. I Nyoman Repun )                                   (I Made Suba)            
    NIP. 19631231 198208 1 018                               NIP. 19840718 200804 1 003





               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  
I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar          
Mata Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                          :V / 1
Pertemuan ke -                            : 1 x pertemuan
Alokasi Waktu                             : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
1.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar          
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Indikator             
Ø   Menuliskan kembali nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menyebutkan pola hidup tidak sehat yang dapat mengganggu organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menjelaskan cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia.
Ø   Memberi saran cara merawat kesehatan organ pada sistem peredaran darah.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Menuliskan kembali nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menyebutkan pola hidup tidak sehat yang dapat mengganggu organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø   Menjelaskan cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia.
Ø   Memberi saran cara merawat kesehatan organ pada sistem peredaran darah.

III. Materi Ajar
Ø  Penyakit yang menyerang organ peredaran darah manusia

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Mencari informasi mengenai penyakit yang mengganggu organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Mendiskusikan penyakit yang mengganggu organ pada sistem peredaran darah manusia dan cara mengatasinya.
Ø  Mendiskusikan cara merawat kesehatan organ pada sistem peredaran darah manusia.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, menuliskan kembali nama, ciri, dan penyebab penyakit yang menyerang organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Mencatat hasil diskusi.
Ø  Presentasi hasil diskusi.
Ø  Membuat tabel nama – nama penyakit yang mengganggu organ pada sistem peredaran darah manusia.
Ø  Membuat kesimpulan.
Ø  Menjelaskan cara menjaga kesehatan.
Ø  Memberi saran cara merawat kesehatan organ pada sistem peredaran darah.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       penyakit yang menyerang organ peredaran darah manusia

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Jelaskan bagaimana pola hidup sehat ! ).

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP

VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performace
 
EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Penyakit darah, di mana darah sulit membeku dinamakan ……….
  2. Anemia adalah ……………………
  3. Leukimia adalah ………………….
  4. Salah satu cara merawat organ peredaran darah adalah ………………..
  5. Salah satu ciri – ciri anemia adalah ………………


·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.

     Mengetahui                                                  Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                            Guru Kelas 5


               ( Drs. I Nyoman Repun )                                   (I Made Suba)            
    NIP. 19631231 198208 1 018                               NIP. 19840718 200804 1 003



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

I.       Identitas                                       : SD Negeri 22 dauh Puri Denpasar
Mata Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                          :V / 1
Pertemuan ke -                            : 1 x pertemuan
Alokasi Waktu                             : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi      
2.         Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

Kompetensi Dasar          
2.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.

Indikator             
Ø   Menuliskan kembali cara tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri.
Ø   Menunjukkan bukti bahwa tumbuhan hijau memerlukan cahaya untuk membuat makanan sendiri.

II.    Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
Ø   Menuliskan kembali cara tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri.
Ø   Menunjukkan bukti bahwa tumbuhan hijau memerlukan cahaya untuk membuat makanan sendiri.

III. Materi Ajar
Ø  Tumbuhan hijau

IV. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok


V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2.      Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Ø  Mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar.
Ø  Mencari informasi tentang cara tumbuhan hijau membuat makanannya.
Ø  Mengamati percobaan untuk membuktikan pembuatan makanan pada tumbuhan hijau memerlukan cahaya matahari.
Ø  Mendiskusikan cara tumbuhan hijau membuat makanannya.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, mencatat hasil pengamatan.
Ø  Mencatat informasi yang didapat.
Ø  Melakukan percobaan untuk membuktikan pembuatan makanan pada tumbuhan hijau memerlukan cahaya matahari.
Ø  Melaporkan hasil percobaan.
Ø  Presentasi hasil diskusi.

C. Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.      membantu menyelesaikan masalah.
c.       memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.       memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       tumbuhan hijau

3 . Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan catatan.
Ø  Memberikan saran – saran agar peserta didik tetap bersemangat.
Ø  Memberikan PR ( Jelaskan tentang fotosintesis ! ).

V. Alat dan Sumber
Ø  Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas V. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
Ø  KTSP

VI. Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tulisan ( soal terlampir )
Ø  Perbuatan / Performance

EVALUASI
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
  1. Fotosintesis terutama terjadi pada waktu …hari.
  2. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri …………
  3. Karena dapat membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau disebut ……..
  4. Hasil fotosintesis adalah …….
  5. Bahan utama fotosintesis tumbuhan hijau adalah …
·         TINDAK LANJUT
v  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui                                                  Denpasar,  18 Juli 2011
               Kepala SD Negeri 22 Dauh Puri                            Guru Kelas 5


               ( Drs. I Nyoman Repun )                                   (I Made Suba)            
    NIP. 19631231 198208 1 018                               NIP. 19840718 200804 1 003


              

Tidak ada komentar: